Sabtu, 18 Oktober 2014

Sosialisasi kegiatan GP3K PT. Petrokimia Gresik

BP3K Kec. Gringsing  (18/10/2014)


Kegiatan Sosialisasi Gerakan Peningkatan Produksi Pangan berbasis Korporasi (GP3K) yang diselenggarakan oleh PT. Petrokimia Gresik dilaksanakan di balai desa
Yosorejo pada hari Sabtu tanggal 18 Oktober 2014. Dihadiri oleh Tim Posko GP3K sebanyak 8 orang dan turut mengundang Mantri Tani Kec. Gringsing, Penyuluh pendamping BP3K Kec. Gringsing, Tokoh Masyarakat dan Petani dari Desa Yosorejo, Sidorejo, Krengseng dan Kebondalem. 
Pada pertemuan kali ini, Tim Posko GP3K PT. Petrokimia Gresik menyampaikan 2 materi yaitu pentingnya penerapan pupuk sesuai rekomendasi dan pentingnya pengendalian hama secara terpadu oleh poktan. Rekomendasi pupuk per hektarnya dari PT adalah 5:3:2 yaitu 500 kg petroganik, 300 kg NPK Phonska dan 200 kg Urea. Pengendalian terpadu utamanya pada hama tikus menggunakan Trap Barrier System dan kekompakan anggota Poktan dalam agroekosistem yaitu keserempakan dalam tanam dan pengendalian hama.  Materi ini disampaikan karena daerah Yosorejo dan sekitarnya masih endemis tikus, sundep dan wereng.
Selain itu, dari distributor pupuk bersubsidi PT. Petrokimia Gresik juga menyampaikan pentingnya akurasi data kebutuhan petani pengguna pupuk bersubsidi pemerintah yang tertuang dalam Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) yang disusun Poktan bersama-sama dengan Penyuluh pendamping. Ini supaya distribusi dan jumlah alokasi pupuk tidak kurang dan kejadian pupuk langka di tingkat petani tidak terjadi.
Gerakan Peningkatan Produksi Pangan Berbasis Korporasi (GP3K) diawali dengan ditetapkannya Instruksi Presiden no. 5 Tahun 2011 tentang Pengamanan Produksi Beras Nasional Dalam Menghadapi Iklim Ekstrim. Dalam Inpres tersebut dijelaskan bahwa tugas Kementrian BUMN sebagai berikut:
1.Penyedia Lahan pada Kawasan Hutan dengan pola tumpang sari produksi untuk tanaman padi. 
2.Penyediaan dan penyaluran sarana produksi dan distribusi gabah/beras, dan
3.Pengadaan dan pengelolaan cadangan gabah/beras pemerintah.
(seira-admin)